Skip to main content

Jenis - Jenis Jamak

Assalamu'alaikum warahmatullah wa barokatuh

Pada materi sebelumnya kita sudah belajar bahwa isim menurut jumlahnya dibagi menjadi tiga, yaitu mufrod, mutsanna, dan jamak.

jenis jamak,jamak mudzakkar salim,muannats salim,taksir


Pada pembahasan kali ini kita akan belajar tentang jenis - jenis jamak. Jamak ada tiga macam, yaitu:

1. JAMAK MUDZAKKAR SALIM

Jamak Mudzakkar Salim adalah benuk jamak khusus untuk isim mudzakkar. Rumusnya adalah:

اِسْم مُفْرَد + وْ  + نَ

Bentuk jamak mudzakkar salim adalah dengan menambahkan wawu mati dan nun fathah di belakang isim mufrod.

Contoh:

مُسْلِمٌ --- مُسْلِمُوْنَ
مُدَرِّسٌ --- مُدَرِّسُوْنَ

Pada contoh yang pertama, bentuk mufrodnya adalah muslimun (orang Islam, laki-laki, satu), diberi tambahan وْ  dan  نَ sehingga menjadi muslimuuna (orang Islam, laki-laki, lebih dari dua)

Contoh kedua, kata mudarrisun artinya adalah guru laki-laki satu orang. diberi tambahan وْ  dan  نَ sehingga menjadi mudarrisuuna yang artinya guru laki-laki lebih dari dua.

2. JAMAK MUANNATS SALIM

Jamak Muannats Salim adalah benuk jamak khusus untuk isim muannats. Rumusnya adalah:

اِسْم مُفْرَد + ا  + تٌ

Jika mufrodnya berakhiran ta' marbuthoh (ة), maka ta' marbuthohnya dihapus lebih dahulu lalu diberi tambahan alif dan tun.

Contoh:

مُسْلِمَةٌ -- مُسْلِمَاتٌ
مُدَرِّسَةٌ -- مُدَرِّسَاتٌ

Pada contoh yang pertama, bentuk mufrodnya adalah muslimatun (orang Islam, perempuan, satu), ta' marbuthohnya dihilangkan lalu diberi tambahan ا  dan  تٌ sehingga menjadi muslimaatun (orang Islam, perempuan, lebih dari dua)

Contoh kedua, kata mudarrisatun artinya adalah guru perempuan satu orang. Ta' marbuthoh dihilangkan lalu diberi tambahan ا  dan  تٌ sehingga menjadi mudarrisaatun yang artinya guru perempuan lebih dari dua.

3. JAMAK TAKSIR

Jamak Taksir adalah jamak untuk semua isim, baik mudzakkar maupun muannats, benda hidup maupun benda mati.

Jamak Taksir bersifat sima'i, yaitu sesuai yang dikatakan orang Arab (sehingga tidak memiliki rumus). Untuk mengetahuinya dengan cara melihat kamus.

Contoh:

كِتَابٌ -- كُتُبٌ
بَيْتٌ -- بُيُوْتٌ

Kata kitaabun ( buku) bentuk jamaknya adalah kutubun.
Kata baitun (rumah) bentuk jamaknya adalah buyuutun.

Kita tidak melihat kesamaan pola.

Demikian pembahasan tentang jenis-jenis jamak dalam bahasa Arab. Semoga bermanfaat.


-------------------------------------------------------------------
Download PPT : klik sini
-------------------------------------------------------------------

Materi ini juga diunggah ke Instagram  dalam bentuk Mikroblog dan ke Youtube dalam bentuk video.

-------------------------------------------------------------------
Follow Instagram Arab Pemula : klik sini
Subscribe channel Youube Arab Pemula : klik sini
-------------------------------------------------------------------

Popular posts from this blog

Fi'il Madhi dan Tashrifnya

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh Alhamdulillah Arab Pemula sudah sampai seri ke-11. Setelah beberapa seri kita membahas tentang Isim, pada kali ini kita akan beralih ke Fi'il terlebih dahulu. Menurut waktunya, fi'il dibagi menjadi tiga, yaitu: fi'il madhi, fi'il mudhari', dan fi'il 'amr. Pada seri kali ini kita akan mempelajari fi'il madhi. Fi'il mudhari'dan Fi'il 'amr kita bahas pada seri ke-12 dan 13 nanti. Fi'il Madhi adalah kata yang menunjukkan suatu pekerjaan pada masa lampau . Berarti sudah terjadi. Contoh: فَعَلَ Dia (lk, 1 orang) sudah melakukan  كَتَبَ Dia (lk, 1 orang) sudah menulis  TASHRIF FI'IL MADHI Tashrif adalah perubahan kata menyesuaikan Dhamirnya. Pada penejelasan sebelumnya kita tahu jika dalam Bahasa Arab dhamir berjumlah 14. Sehingga, satu fi'il (kata kerja) akan berubah menyesuaikan 14 dhamir tersebut.  CONTOH IMBUHAN DHAMIR

Isim Nakiroh dan Isim Ma'rifah

Assalamu'alaikum teman-teman. Terima kasih kalian masih setia membaca artikel Belajar Bahasa Arab untuk Pemula sampai seri ke empat ini. Mengingatkan, Arab Pemula juga mempunyai Instagram dan Youtube ya, tautan ada di bagian akhir artikel ini. Dalam artikel sebelumnya kita sudah belajar tentang pembagian isim menurut jenisnya . Pada artikel kali ini kita akan belajar tentang pembagian Isim menurut Umum-khususnya. Menurut Umum-khususnya, isim dibagi menjadi dua, yaitu: A. ISIM NAKIROH Isim nakiroh adalah isim yang menunjukkan makna umum (belum spesifik). Contoh: كِتَابٌ Kata "kitaabun" di atas artinya adalah buku. Buku apa yang dimaksud belum diketahui karena kata tersebut masih bersifat umum. Misalnya ada pepatah "Buku adalah jendela dunia", kata buku di situ bermakna umum. Tidak diketahui secara spesifik buku apa yang dimaksud. Kenapa kata kitaabun masuk ke dalam kelompok isim nakiroh? Nanti kita pelajari pada bagian isim yang termasuk ma